Sunday 8 April 2012

Sekilas tentang CFD



CFD : Computational Fluid Dynamic

CFD, bukan singkatan dari “Coffee For Deadline” ataupun ”Car Free Day”, tapi adalah Computational Fluid Dynamics yang merupakan salah satu cabang ilmu dalam bidang mekanika fluida yang berkenaan dengan simulasi aliran fluida dengan menggunakan pendekatan fisikal. Persamaan-persamaan yang berlaku pada aliran fluida, diinterpretasikan dalam sebuah algoritma komputer. Tujuan nya adalah untuk mempermudah kita dalam memahami fenomena fisik yang terjadi pada sebuah aliran fluida.


Aplikasi CFD kurang lebih bersifat “right in-right out, wrong in-wrong out”, sehingga setiap pengguna yang menggunakan aplikasi CFD untuk kepentingan simulasi terhadap sebuah aliran fluida harus memahami dengan benar permasalahan tersebut melalui pendekatan fisik (dibutuhkan sense), mendefinisikan parameter yang terkait, serta menentukan batasan yang ada pada kasus aliran fluida tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai CFD, bagaimana CFD bekerja, dan penerapan CFD pada berbagai bidang. Silahkan merujuk pada link berikut : CFD (Computational Fluid Dynamic), CFDSOF

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls