Tuesday 17 April 2012

SINOPSIS - Optimasi Desain Ruang Pengeringan Produk Makanan dengan Alat Pengering Pompa Panas (Heat Pump Dryer)


SINOPSIS TUGAS BESAR CFD

JUDUL
Optimasi Desain Ruang Pengeringan Produk Makanan dengan Alat Pengering Pompa Panas (Heat Pump Dryer)


LATAR BELAKANG
Pengeringan produk makanan dilakukan dengan berbagai maksud yang bergantung kepada keperluan yang ingin didapat. Produk makanan makanan misalnya, dikeringkan agar produk tersebut lebih awet untuk disimpan atau pun untuk diproses lebih lanjut.

Beberapa produk makanan memerlukan cara pengeringan khusus, sehingga biasanya proses pengeringan tersebut memiliki batasan-batasan, misalnya produk tidak boleh terlalu kering atau terlalu basah, temperatur pengeringan tidak boleh terlalu panas, tidak boleh ada browning effect, atau pun ada kandungan dalam produk tersebut yang harus dijaga agar tidak mengalami kerusakan, sehingga memerlukan spesifikasi proses pengeringan tertentu.

Pada kebanyakan produk makanan, proses pengeringan sebaiknya dilakukan tidak pada temperatur yang terlalu tinggi karena akan menyebabkan produk tersebut menjadi mengkerut dan kandungan di dalam produk, seperti enzim, minyak atsiri. Disamping itu, proses pengeringan juga tidak boleh terlalu cepat karena akan menyebabkan efek kecoklatan (browning effect) pada kulit produk tersebut.

Untuk memenuhi keperluan pengeringan dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh produk tersebut, maka penggunaan teknologi pengeringan dengan heat pump dapat menjadi salah satu cara terbaik dalam melakukan proses pengeringan sesuai dengan batasan-batasan yang ada.

Heat Pump Dryer (HPD) merupakan alat pengeringan yang terdiri dari sistem refrijerasi biasa ditambah dengan ruang pengering dan fan untuk mensirkulasikan udara. Berikut adalah gambar skema dari HPD :

skematik sistem heat pump dryer
Keterangan:
1. Tumpukan produk (tray)
2. Fan distribusi
3. Lubang sirkulasi udara (venting)
4. Ruang pengering
5. Unit dehumidifier (komponen sistem refrijerasi)


heat pump dryer di Departemen Teknik Mesin UI

Untuk mendapatkan pengeringan yang optimum maka diperlukan desain ruang pengering dan tata letak penempatan produk dan komponen yang baik, sehingga sirkulasi udara sebagai media pengering dapat berjalan secara efektif dengan hasil yang optimum. Oleh karena itu, diperlukan suatu simulasi dari aliran udara didalam ruang pengering serta pengaturan tata letak komponen-komponen yang digunakan dalam sistem HPD ini untuk menentukan desain sistem yang optimum.

TUJUAN
Menentukan desain ruang pengering dan tata letak komponen sistem pengering heat pump yang optimum.

BATASAN MASALAH
·      Sistem pengeringan menggunakan sistem refrijerasi single stage
·      Simulasi dilakukan dengan menggunakan program CFDSOF


REFERENSI
·   Kosasih, Engkos A., Alhamid, M. Idrus, Heat pump drying, diktat perkuliahan teknologi pengeringan. Departemen Teknik Mesin – Universitas Indonesia, Depok. 2012.

·    Mujumdar, Arun S., etc, Handbook of Industrial Drying, Taylor & Francis Group, LLC, Singapore. 2006











2 comments:

Firman said...

permisi kak
saya firman mesin ui 09
mau tau donk cara simulasi pengeringan nya kalo pake cfdsof bagaimana?
terima kasih

TahitianNoni said...

Terimakasih atas informasinya.
saat ini saya sedang mencari informasi mengenai Themes Vortex, karena saya ingin tau bagaimana agar themes ini seo frienly. terimakasih
salam,
http://www.tahitiannonijuiceint.com

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls