Sunday 8 April 2012

Distribusi temperature pada dinding


Simulasi kali ini menjelaskan fenomena distribusi temperature pada dinding akibat adanya perbedaan temperatur antara dinding bagian 1 dengan dinding bagian 2.

Berikut adalah langkah-langkah simulasi yang dilakukan dengan menggunakan CFDSOF


1.      Menentukan domain
Menentukan luas domain dan jumlah cell, melalui menu yang ada di CFDSOF


2.      Atur cell
Membagi dinding menjadi bagian satu (w1) dan bagian dua (w2 ) seperti gambar dibawah. Tujuan nya adalah untuk memberikan perbedaan temperatur pada masing-masing dinding.



3.      Atur model
Mengatur model dengan mengaktifkan fungsi hitung temperatur

4.      Konstanta fisikal
Perbedaan temperatur yang ada pada dinding menyebabkan terjadinya perubahan densitas udara yang ada disekitarnya, sehingga pada CFDSOF kita harus memberlakukan hukum gas ideal bagi udara dengan mengaktifkan fungsi hukum gas ideal seperti gambar dibawah


5.      Kondisi Sempadan
Pada wall 1, ditentukan temperatur sebesar 300 K, sedangkan pada wall 2 temperatur sebesar 353 K.




6.      Iterasi
Meskipun hasil iterasi dibawah ini belum mencapai nilai konvergen, tetapi kita sudah bisa melihat tren dari nilai tersebut bahwa menuju ke satu nilai, yang berarti akan menuju konvergensi.


7.      Plot
Hasil dibawah ini memperlihatkan distribusi temperatur sepanjang dinding. Disini terlihat bahwa temperatur yang panas (sebesar 353K) hanya terdistribusi pada dinding dan menurun sepanjang garis x, dengan nilai terendah sebesar 300 K. Temperatur udara yang ada di dalam ruangan ini tidak terlalu meningkat akibat konveksi dari dinding. Hal ini disebabkan karena kita tidak mengaktifkan fungsi konduksi pada dinding dan konduktivitas termal dari fluida didalam ruangan tersebut cukup kecil, sehingga efek perbedaan temperatur tidak terlalu signifikan bagi udara yang ada di dalam nya.

Kontur temperatur (K)

Grafik temperatur(K) vs panjang arah J (m)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls