Monday 19 March 2012

Permasalahan Convection-Diffusion dengan metode finite volume

Hari ini belajar kita mengenai metode finite volume untuk menyelesaikan permasalahan konveksi-difusi. ada berbagai macam persamaan yang sudah kita pelajari hari ini, khususnya persamaan umum yang menggambarkan karakteristik aliran fluida.
Untuk menambah pemahaman kita mengenai materi tersebut, kita coba lihat contoh soal 5.1 pada buku referensi yg kita pakai.

contoh 5.1.
Fenomena konveksi-difusi pada domain satu dimensi (spt.gambar 5.2 di buku). persamaan yang digunakan adalah persamaan 5.3, dimana boundary condition sebesar pi(0)=1 pada x=1 dan pi(L)0 pada x=L. Dengan membagi domain kedalam 5 cell dan menggunakan metode central differensial untuk konveksi dan diffusi, maka hitung distribusi dari pi sebagai fungsi dari x, jika (i) u=0.1 m/s dan (ii). u=2.5 m/s, dan bandingkan hasil nya menggunakan analytical solution...
*mari kita diskusikan bersama...

3 comments:

Anonymous said...

Pada solusi yang tertera di buku referensi, nilai error pada kasus pertama (u = 0.1 m/s) lebih kecil dibandingkan pada kasus kedua (u = 2.5 m/s). dikarenakan fotocopy yang terpotong pada buku yang saya lihat untuk kasus ketiga dimana jumlah cell diperbanyak, apa yang menyebabkan besarnya nilai error pada kasus kedua?

Almer Ibnu Farhan said...

maksudnya gung? apa ada yang sudah coba

Arandityo Narutomo said...

Kalau sudah menjadi bentuk matrix saya tahu bagaimana cara menyelesaikannya, namun yang masih saya bingung, bagaimana kita bisa menurunkan persamaan menjadi persamaan 5.16 dan 5.17??

Apakah ada yang sudah mencoba??

mari berdiskusi

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls